MODUL I



 BAB I
   PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman yang semakin berkembang ini. Mahasiswa teknik informatika dituntut untuk bisa memahami struktur computer. Seperti hardware ,software,dan brainware. Untuk itu tujuan praktikum ini adalah
untuk memahami stuktur computer
mengenal hardware computer dan macam macam bagiannya
dapat membedakan tentang input device dan output device
oleh karena itu praktikum ini di adakan untuk  memberi pengajaran agar tujuan diatas dapat terpenuhi .sehingga mahasiswa tahu semua yang ada dalam computer.

1.2 Tujuan
1. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan
macam-macam bagiannya.
3. Praktikan dapat membedakan tentang input device dan output device.
4. Praktikan dapat merakit komputer.





    BAB II
DASAR TEORI
A. DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap
orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang
berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang
mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input
sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil
pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu
peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer,
dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
B. SISTEM KOMPUTER
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk
menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang
terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan
brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat
lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses
tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan
berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga
tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
C. STRUKTUR KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen
saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan
dalam diagram blok pada gambar berikut ini.
Gambar 1.1 Struktur komputer
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada
Mother Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian
penting yaitu:
1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM dan ROM )
3. Input / Output
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masingmasing
komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masingmasing
komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
· Input Device (Alat Masukan) _ perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
· Output Device (Alat Keluaran) _ perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara.
· I/O Ports _ bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data
ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
· CPU (Central Processing Unit) _ merupakan otak sistem komputer, dan
memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
_ ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
_ CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
· Memori _ berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori
beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada
table berikut.
Tercepat


Terlambat
Register
Cache Memory
Main Memory
Sekunder Memory
· Data Bus _ jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem
komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya
dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit
yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan
kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU
dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya
terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
· Address Bus _ digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan
alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri
atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
· Control Bus _ digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke
Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.









BAB III
 TUGAS PENDAHULUAN
            KEGIATAN PRAKTIKUM:
            Di praktikum kami diajari tentang seluruh komponen dalam CPU.
Seperti   processor, vga, harddisk, power supply.seluruh bagian yang ada didalam cpu memiliki fungsi masing masing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa computer memiliki komponen yang rumit. Di dalam cpu ada memory ram yang berfungsi sebagai media penyimpan sementara dalam computer. Selain ram di computer juga ada memory rom yaitu
memory yang hanya dapat dibaca , tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, ROM dibuat oleh pabrik pembuat komputer dan dipatri dalam CPU.  Selain itu ada juga vga yaitu bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Dalam praktikum juga di tunjukan contoh processor, sehinnga mahasiswa yang tidak tahu menjadi tagu dan mengerti struktur computer.



       BAB IV
 IMPLEMENTASI

2.            GPU       : Graphics Processing Unit
AGP       : Accelerated Graphics Port
HDD       : Hard Disk Drive
FDD        : Floppy Disk Drive
FSB         : Front SideBus
USB        : Universal Serial Bus
PCI         : Peripheral Component Interconnect
RTC        : Real Time Clock
PATA     : Parallel Advenced Technology Attachment
SATA     : Serial Advenced Technology Attachment
ISA         : Industry Standart Architecture
IDE         : Integrated Drive Electronics
MCA      : micro chanel architechtur
PS/2       : Personal System 2
3.            processor
                ram
                monitor
4.
Power Supply juga merupakan komponen penting untuk sebuah komputer. Sebuah power supply memiliki beberapa konektor untuk distribusi daya ke komponen komputer antaralain untuk Motherboard, CD/DVD room, Hardisk dll.  Power supply mengalami perkembangan, yang disesuaikan dengan perkembangan motherboard dan processor. Ada beberapa tipe power supply antara lain :    
1. Power Supply AT  untuk Pentium 2 kebawah memiliki 12 konektor pin
2. Power supply ATX 20 Pin untuk komputer pentium 2 dan pentium 3, dimana power didistribusikan ke motherboard menggunakan konektor ATX 20 pin konektor dan ditambah dengan konektor untuk Flopy disk
3. Poser Supply AtX 20+4 Pin

Berkembangnya jenis motherboard dan processor, seperti digunakan pada pentium 4 keatas, jumlah pin konektor power untuk motherboard ada dua konektor yaitu 20 Pin dan 4 pin dan juga dilengkapi dengan beberapa konektor Molex dan Berg.
5.            Memory internal adalah memory yang dapat di akses langsung oleh Processor, memiliki fungsi sebagai pengingat. Contoh : ROM (Read Only Memory), RAM (Random Access Memory).
Memory Eksternal merupakan memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program, dengan demikian memory ini melakukan pembacaan, penulisan, dan penyimpanan data di luar lingkup memori utama. Contoh : Harddisk, Flash Disk, CD ROM, Fllopy Disk.
6.            Register adalah salah satu jenis memory yang terletak di dalam processor dan termasuk memory internal yang memiliki kecepatan 5 sampai 10 kali memori utama, digunakan untuk menyipan instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU.
7.            Processor  merupakan otak dari computer, di mana processor adalah pengendali dari semua aktivitas kinerja sebuah computer.
                Perkembangan processor di mulai pada Pada tahun 1971 munculah microprosessor pertama Intel , microprocessor jenis 4004 digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Setiap tahun perkembangan processor berjalan secara signifikan hingga generasi sekarang yaitu generasi Intal Core I7  dengan berbagai keunggulanya.
8.            Motherboard merupakan papan sirkuit yang di dalamnya terdapat berbagai komponen elektronik dan soket, di mana soket-soket tersebut akan saling terhubung dengan komponen peripheral computer yang lain sehingga semua biasa terintegrasi menjadi satu.
9.            - Langkah pertama adalah persiapan penentuan konfigurasi seperti penentuan jenis komponen yang dapat saling support sehingga dapat saling dukung.
               - Kedua, persiapkan komponen hardware yang akan dirakit dan perlengkapan alat bantu seperti obeng, tang penjepit, dan avometer.
               - Selanjutnya persiapkan software yang dibutuhkan seperti system operasi, device driver, dan program aplikasi yang dibutuhkan.
               - Siapkan buku manual disertakn sebagai petunjuk perakitan.
               - Gunakan gelang anti statis untuk keamanan selama perakitan.
               - Terakhir,  jangan lupa berdoa sebelum merakit.
10.         Komputer mati dan mengeluarkan suara beep 
               Bunyi satu panjang mermori kotor
               tiba tiba blank atau mati windows rusak

           
   BAB V
PENUTUP
5.1 KSIMPULAN
computer memiliki bagian yang tak terpisahkan antara satu dengan lain sehingga menjadi suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan
5.2 SARAN
kak seharusnya cpunya dipisah menjadi komponen masing masing agar mudah dipahami 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

algoritma dan pascal

CERITA

cara enkripsi dengan chiper