BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman yang semakin berkembang ini.
Mahasiswa teknik informatika dituntut untuk bisa memahami struktur computer.
Seperti hardware ,software,dan brainware. Untuk itu tujuan praktikum ini adalah
untuk memahami stuktur computer
mengenal hardware computer dan macam
macam bagiannya
dapat membedakan tentang input device dan output device
dapat membedakan tentang input device dan output device
oleh karena itu praktikum ini di
adakan untuk memberi pengajaran agar
tujuan diatas dapat terpenuhi .sehingga mahasiswa tahu semua yang ada dalam
computer.
1.2 Tujuan
1.
Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2.
Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan
macam-macam
bagiannya.
3.
Praktikan dapat membedakan tentang input device dan output device.
4.
Praktikan dapat merakit komputer.
BAB II
DASAR TEORI
A. DEFINISI
KOMPUTER
Istilah komputer
mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap
orang. Istilah
komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang
berarti menghitung
(to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer
(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang
mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input
sesuai dengan
instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil
pengolahannya,
serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik
untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan
supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya,
dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan
di dalam memori.
Namun, pada
intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu
peralatan
elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi,
menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer,
dapat menyimpan
program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
B. SISTEM
KOMPUTER
Tujuan pokok
dari sistem komputer adalah mengolah data untuk
menghasilkan
informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang
terdiri dari
perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan
brainware.
Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat
lunak adalah
program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses
tertentu, dan brainware
adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur
sistem komputer.
Ketiga elemen
sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk satu
kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan
berarti apa-apa,
hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga
tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
C. STRUKTUR
KOMPUTER
Struktur
komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen
saling terkait.
Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan
dalam
diagram blok pada gambar berikut ini.
Gambar 1.1 Struktur komputer
Bagian
CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada
Mother Board.
Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian
penting yaitu:
1. CPU ( Central
Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM
dan ROM )
3. Input /
Output
Sedangkan fungsi
komputer didefinisikan sebagai operasi masingmasing
komponen sebagai
bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masingmasing
komponen
dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
· Input
Device (Alat Masukan) _ perangkat
keras komputer yang berfungsi
sebagai alat
untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
· Output
Device (Alat Keluaran) _ perangkat
keras komputer yang
berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Keluaran dapat
berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa
suara.
· I/O
Ports _ bagian ini digunakan
untuk menerima ataupun mengirim data
ke luar sistem.
Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
· CPU
(Central Processing Unit) _ merupakan
otak sistem komputer, dan
memiliki dua
bagian fungsi operasional, yaitu:
_
ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
_
CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
· Memori
_ berfungsi untuk
menyimpan data dan program. Memori
beraneka tipe
dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
Berdasarkan
kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada
table
berikut.
Tercepat
Terlambat
|
Register
|
Cache
Memory
|
|
Main
Memory
|
|
Sekunder
Memory
|
· Data
Bus _ jalur-jalur perpindahan
data antar modul dalam sistem
komputer. Karena
pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya
dapat membawa 1
bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit
yang dapat
ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan
kinerja sistem
secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU
dapat membaca
dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya
terdiri atas 8,
16, 32, atau 64 jalur paralel.
· Address
Bus _ digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada
proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan
alamat memori
yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri
atas
16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
· Control
Bus _ digunakan untuk
mengontrol penggunaan serta akses ke
Data
Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
BAB III
TUGAS PENDAHULUAN
KEGIATAN
PRAKTIKUM:
Di praktikum kami diajari tentang seluruh komponen dalam CPU.
Seperti processor, vga, harddisk, power supply.seluruh bagian yang ada didalam cpu memiliki fungsi masing masing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa computer memiliki komponen yang rumit. Di dalam cpu ada memory ram yang berfungsi sebagai media penyimpan sementara dalam computer. Selain ram di computer juga ada memory rom yaitu memory yang hanya dapat dibaca , tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, ROM dibuat oleh pabrik pembuat komputer dan dipatri dalam CPU. Selain itu ada juga vga yaitu bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Dalam praktikum juga di tunjukan contoh processor, sehinnga mahasiswa yang tidak tahu menjadi tagu dan mengerti struktur computer.
Di praktikum kami diajari tentang seluruh komponen dalam CPU.
Seperti processor, vga, harddisk, power supply.seluruh bagian yang ada didalam cpu memiliki fungsi masing masing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa computer memiliki komponen yang rumit. Di dalam cpu ada memory ram yang berfungsi sebagai media penyimpan sementara dalam computer. Selain ram di computer juga ada memory rom yaitu memory yang hanya dapat dibaca , tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, ROM dibuat oleh pabrik pembuat komputer dan dipatri dalam CPU. Selain itu ada juga vga yaitu bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Dalam praktikum juga di tunjukan contoh processor, sehinnga mahasiswa yang tidak tahu menjadi tagu dan mengerti struktur computer.
BAB IV
IMPLEMENTASI
2. GPU : Graphics Processing Unit
AGP : Accelerated Graphics Port
HDD : Hard Disk Drive
FDD : Floppy Disk Drive
FSB : Front SideBus
USB : Universal Serial Bus
PCI : Peripheral Component Interconnect
RTC : Real Time Clock
PATA : Parallel Advenced Technology Attachment
SATA : Serial Advenced Technology Attachment
ISA : Industry Standart Architecture
IDE : Integrated Drive Electronics
MCA : micro chanel architechtur
PS/2 : Personal System 2
3. processor
ram
monitor
ram
monitor
4.
Power Supply
juga merupakan komponen penting untuk sebuah komputer. Sebuah power supply
memiliki beberapa konektor untuk distribusi daya ke komponen komputer
antaralain untuk Motherboard, CD/DVD room, Hardisk dll. Power supply
mengalami perkembangan, yang disesuaikan dengan perkembangan motherboard dan
processor. Ada beberapa tipe power supply antara lain :
1. Power Supply AT untuk Pentium 2 kebawah memiliki 12 konektor pin
2. Power supply ATX 20 Pin untuk komputer pentium 2 dan pentium 3, dimana power didistribusikan ke motherboard menggunakan konektor ATX 20 pin konektor dan ditambah dengan konektor untuk Flopy disk
3. Poser Supply AtX 20+4 Pin
Berkembangnya jenis motherboard dan processor, seperti digunakan pada pentium 4 keatas, jumlah pin konektor power untuk motherboard ada dua konektor yaitu 20 Pin dan 4 pin dan juga dilengkapi dengan beberapa konektor Molex dan Berg.
1. Power Supply AT untuk Pentium 2 kebawah memiliki 12 konektor pin
2. Power supply ATX 20 Pin untuk komputer pentium 2 dan pentium 3, dimana power didistribusikan ke motherboard menggunakan konektor ATX 20 pin konektor dan ditambah dengan konektor untuk Flopy disk
3. Poser Supply AtX 20+4 Pin
Berkembangnya jenis motherboard dan processor, seperti digunakan pada pentium 4 keatas, jumlah pin konektor power untuk motherboard ada dua konektor yaitu 20 Pin dan 4 pin dan juga dilengkapi dengan beberapa konektor Molex dan Berg.
5. Memory internal
adalah memory yang dapat di akses langsung oleh Processor, memiliki fungsi
sebagai pengingat. Contoh : ROM (Read Only Memory), RAM (Random Access Memory).
Memory
Eksternal merupakan memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data
atau program, dengan demikian memory ini melakukan pembacaan, penulisan, dan
penyimpanan data di luar lingkup memori utama. Contoh : Harddisk, Flash Disk,
CD ROM, Fllopy Disk.
6. Register adalah salah
satu jenis memory yang terletak di dalam processor dan termasuk memory internal
yang memiliki kecepatan 5 sampai 10 kali memori utama, digunakan untuk menyipan
instruksi-instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU.
7. Processor merupakan otak dari computer, di mana
processor adalah pengendali dari semua aktivitas kinerja sebuah computer.
Perkembangan
processor di mulai pada Pada tahun 1971 munculah
microprosessor pertama Intel , microprocessor jenis 4004 digunakan pada mesin kalkulator
Busicom. Setiap tahun perkembangan processor berjalan secara signifikan hingga
generasi sekarang yaitu generasi Intal Core I7
dengan berbagai keunggulanya.
8. Motherboard merupakan
papan sirkuit yang di dalamnya terdapat berbagai komponen elektronik dan soket,
di mana soket-soket tersebut akan saling terhubung dengan komponen peripheral
computer yang lain sehingga semua biasa terintegrasi menjadi satu.
9. - Langkah pertama
adalah persiapan penentuan konfigurasi seperti penentuan jenis komponen yang
dapat saling support sehingga dapat saling dukung.
- Kedua, persiapkan
komponen hardware yang akan dirakit dan perlengkapan alat bantu seperti obeng,
tang penjepit, dan avometer.
- Selanjutnya
persiapkan software yang dibutuhkan seperti system operasi, device driver, dan
program aplikasi yang dibutuhkan.
- Siapkan buku manual
disertakn sebagai petunjuk perakitan.
- Gunakan gelang anti
statis untuk keamanan selama perakitan.
- Terakhir, jangan lupa berdoa sebelum merakit.
10. Komputer mati dan mengeluarkan suara
beep
Bunyi satu panjang mermori kotor
tiba tiba blank atau mati windows rusak
tiba tiba blank atau mati windows rusak
BAB V
PENUTUP
5.1 KSIMPULAN
computer memiliki bagian yang tak terpisahkan antara satu dengan lain sehingga menjadi suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan
computer memiliki bagian yang tak terpisahkan antara satu dengan lain sehingga menjadi suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan
5.2 SARAN
kak seharusnya cpunya dipisah menjadi komponen masing masing agar mudah dipahami
kak seharusnya cpunya dipisah menjadi komponen masing masing agar mudah dipahami
Komentar